PENGGUNAAAN KONSELING KELOMPOK SOLUTIONFOCUSED BRIEF THERAPY UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS X SMA SEJAHTERA SURABAYA

Pratiwi, Dewinta Ayu (2022) PENGGUNAAAN KONSELING KELOMPOK SOLUTIONFOCUSED BRIEF THERAPY UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS X SMA SEJAHTERA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (520kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (101kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (150kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (360kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pratiwi, Dewinta A. 2022. Penggunaan Konseling Kelompok
Solution-Focused Brief Therapy Untuk Meningkatkan
Resiliensi Akademik Siswa Kelas X SMA Sejahtera
Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Cindy Asli Pravesti,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Solution-Focused Brief Therapy,
Resiliensi Akademik
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada pada
siswa kelas X SMA Sejahtera Surabaya yang menunjukkan tingkat
resiliensi akademik rendah. Rumusan masalah yaitu apakah layanan
konseling kelompok solution-focused brief therapy dapat digunakan
untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penggunaan konseling kelompok
solution-focused brief therapy dalam meningkatkan resiliensi
akademik siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian Quasi Eksperimental bentuk Nonequivalent Control Group
Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, dan sebagai
sampelnya adalah 10 siswa, yang terdiri dari 5 siswa kelas X IPA 1
sebagai kelompok eksperimen serta 5 siswa kelas X IPA 2 sebagai
kelompok kontrol yang memiliki tingkat resiliensi akademik rendah.
Teknik sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan angket resiliensi akademik. Teknik
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji MannWhitney. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 26 for
windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada
resiliensi akademik siswa. Resiliensi akademik siswa pada kelompok
eksperimen sebelum diberi perlakuan konseling kelompok solutionfocused brief therapy berada pada kategori rendah dengan skor ratarata sebesar 74,4 dan setelah diberi perlakuan konseling kelompok solution-focused brief therapy masuk ke dalam kategori tinggi dengan
skor rata-rata 93,2. Sedangkan resiliensi akademik siswa pada
kelompok kontrol sebelum diberi perlakuan konseling kelompok selfmanagement berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 76,8
dan setelah diberi perlakuan konseling kelompok self-management
masuk ke dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 82,8. Hasil Uji
Mann-Whitney menunjukkan bahwa Asymp Sig. (2-tailed) bernilai
0,009 lebih kecil dari ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha
diterima dan Ho ditolak, artinya ada perbedaan antara hasil resiliensi
akademik siswa untuk pre-test dan post-test. Hipotesis penelitian ini
berbunyi “Penggunaan Konseling Kelompok Solution-Focused Brief
Therapy Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa Kelas X
SMA Sejahtera Surabaya”. Dengan demikian penggunaan konseling
kelompok solution-focused brief therapy dapat digunakan untuk
meningkatkan resiliensi akademik siswa kelas X SMA Sejahtera
Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:12
Last Modified: 18 Nov 2022 08:12
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item
View Item