PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUCTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 GALIS PAMEKASAN

SARI, GITA LOLITA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUCTURING KOGNITIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 GALIS PAMEKASAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (844kB)
[thumbnail of 2.  ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (156kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (116kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (176kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Sari, Gita Lolita. 2022. Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturing
Kognitif dalam konseling kelompok terhadap kecemasan
belajar matematika siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1
Galis Pamekasan. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Pedagogik dan Psikologi (FPP),
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dr.
Mudhar, S.Psi., M.Si dan Elia Firda Mufidah, S. Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Restrukturing Kognitif, Konseling Kelompok,
Kecemasan.
Dinamika kecemasan, ditinjau dari teori psikoanalisis dapat
disebabkan oleh adanya tekanan buruk perilaku masa lalu serta
adanya gangguan mental. Kecemasan terjadi karena adanya evaluasi
diri yang negatif. Perasaan negatif tentang kemampuan yang
dimilikinya dan orientasi diri yang negatif. Berdasarkan pandangan
thumanistik kecemasan merupakan kekhawatiran tentang masa
depan, yaitu khawatir pada apa yang akan dilakukan. Strategi
Restructuring Kognitif didefinisikan sebagai suatu strategi yang
digunakan untuk membantu konseli memodifikasi kognisi yang
negatif menjadi positif serta memusatkan perhatian pada upaya
mengidentifikasi dan merubah pikiran-pikiran atau pernyataan diri
negatif dan keyakinan-keyakinan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian praeksperimental dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design,
pada populasi 32 orang siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Galis
Pamekasan. Sampel yang digunkan 7 orang siswa yang diambil
secara purposive sampling. Pemilihan siswa dipilih berdasarkan hasil
skor kecemasan belajar matematika yang rendah melalui pengisian
skala pengukuran kecemasan belajar matematitrf5ka siswa.
Hasil penelitian dengan teknik uji Wilcoxon pada SPSS for
Windows versi 20.0. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diperoleh
asymp.sin = 0,18. Oleh karena nilai asymp.sin 2-tailed = 0,05< α =
0,18. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis
dapat dibuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan kecemasan
belajar matematika siswa kelas XI-MIPA 3 SMA Negeri 1 Galis Pamekasan antara sebelum dan sesudah diberikan treadmend
konseling restructuring kognitif. Perbedaan tersebut menunjukkan
perbedaan yang positif, yaitu menurunnya kecemasan belajar
matematika siswa setelah mendapatkan treadment konseling
kelompok dalam restructuring kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:34
Last Modified: 18 Nov 2022 08:34
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item
View Item