EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA

Puspita, Elina Ayu (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (452kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (103kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (148kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Puspita, Elina A. 2022. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku
Cyberbullying pada Remaja. Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)
Dr. Jahju Hartanti, S.Pd., M.Psi. Pembimbing (2) Elia
Firda Mufidah, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: bimbingan kelompok, sosiodrama, cyberbullying.
Dalam penelitian ini peneliti mengkaji mengenai perilaku pelaku
cyberbullying dan korban dari adanya tindakan cyberbullying.
Penelitian ini dilatar belakang oleh pengumpulan data dari angket
bahwanya adanya perubanahan perilaku korban dan pelaku
cyberbullying. Perilaku cyberbullying dapat berdampak pada
kesehatan mental, moral, asumsi-asumsi mengenai cyberbullying
yang diangap wajar dan perkembangan pendidikan pada peserta
didik. Hal ini dikarenakan adanya ketidak tahuan mengenai undangundang
ITE, kurangnya pengawasan dalam mengunakan gawai,
perilaku mencontoh, dan kurangnya pengawasan dalam penggunaan
gawai.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan
penelitian One Grup Pretest dan Postest Design, populasi 28 peserta
didik kelas VIII sebagai sampel dapat diambil secara Purposive
Sampling. penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama efektif terhadap perilaku cyberbullying pada 7 peserta
didik. Berdasarkan perhitungan SPSS verisi 25 statik Uji Wilcoxon
Non-Parametic Test menunjukan hasil peningkatan pada pre-test dan
post-test pada peserta didik melalui Mean Rank 4.00 dan Sum Rank
28.00, dari singnifikansi menunjukan 0,018<0,05 dapat disimpulkan
bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa
layanan bimbingan kelompok dengan tekniksosiodrama efektif
terhadap menggurangi perilaku cyberbullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:39
Last Modified: 21 Nov 2022 01:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item
View Item