HUBUNGAN KECEMASAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SAAT PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS VII & VIII SMPN 48 SURABAYA

Meiliya, Ade Elsa (2022) HUBUNGAN KECEMASAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SAAT PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS VII & VIII SMPN 48 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (755kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (310kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (320kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (426kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Meiliya, Ade Elsa. 2022. Hubungan Kecemasan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VII & VIII SMPN 48 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Mudhar, S.Psi., M.Si. Pembimbing (2) Dimas Ardika Miftah Farid, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Kecemasan belajar, prestasi belajar, covid-19, siswa.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecemasan belajar dengan prestasi belajar saat pandemi COVID-19.Penelitian ini dilatar belakangii oleh fenomena kecemasan ditemukan di sekolah oleh peneliti melalui pengamatan terhadap guru bk di sekolah yang memberikan informasi bahwa kebanyakan siswa menalami kecemasan karena ketidak stabilan jaringan dan juga penguasaan media pembelajaran yang digunakan. memang sejatinya dirasakan oleh setiap individu, apalagi saat ini dunia sedang dilanda pandemi COVID-19 yang menyebabkan semakin meningkatnya tingkat kecemasan individu karena perubahan kebiasaan yang sangat signifikan. Para siswa pun mengalami fenomena kecemasan ini karena dituntut untuk mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan system pembelajaran. Banyak siswa yang mengalami kecemasan berlebih dan menyebabkan prestasi belajarnya menurun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII & VIII dengan jumlah 98 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pengukuran dengan menggunakan kuesioner skala kecemasan dan dokumentasi pengambilan rapor siswa. Menggunakan metode analisis data statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Perason Product Moment yang sesuai dengan judul penelitian yaitu “. Hubungan Kecemasan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VII & VIII SMPN 48 Surabaya”. Digunakan dengan korelasi product moment menggunakan aplikasi spss versi 26.
Berdasarkan hasil korelasi menggunakan aplikasi spss versi 26 dengan nilai r = 0.200 dan nilai p = -0.131 untuk kecemasan belajar. Untuk prestasi belajar menunjukkan nilai r = 0.200 dan nilai p = -0.131. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa p > 0.05 sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara Kecemasan belajar dengan prestasi belajar siswa saat pandemi covid-19 siswa kelas VII & VIII SMPN 48 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:03
Last Modified: 21 Nov 2022 02:05
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item
View Item