EFEKTIVITAS TEKNIK CINEMA THERAPY DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Fitriyanti, Wulan (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK CINEMA THERAPY DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (637kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (167kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (333kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (397kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Fitriyanti, Wulan. 2020. Efektivitas Teknik Cinema Therapy dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Suarabaya. Pembimbing Dr. Muwakhidah, S.Pd., M.Pd
Kata kunci: motivasi belajar, layanan konseling kelompok, teknik cinema therapy
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dilapangan yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta menggunakan teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-test dan post-test
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan cara memberikan perlakuan berupa layanan konseling kelompok menggunakan teknik cinema therapy yang diberikan kepada kelompok eksperimen menggunakan metode one group experiment dalam bentuk one grup pre-test, post-test design. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas X IPA 5 dan X IPA 6 yang di pilih berdasarkan hasil pre-test yang menunjukkan kategori rendah yakni terdapat 7 peserta didik yang menjadi subjek penelitian.
Instrumen penelitian pada penelitian ini dirancang untuk mengetahui peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah. Instrumen penelitian ini berdasarkan uji validitas dan reliabilitas serta instrumen perlakuan menggunakan buku panduan motivasi belajar peserta didik dengan teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui efektivitas teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji wilcoxon yang dibantu oleh SPSS versi 25 mendapatkan hasil uji test statistic dengan nilai 0,018 kurang dari 0,050 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya teknik cinema therapy dalam layanan konseling kelompok efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:11
Last Modified: 21 Nov 2022 02:11
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item
View Item