PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP SANTO YUSUP TROPODO

PURBA, TIMUTEA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP SANTO YUSUP TROPODO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (570kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (35kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (84kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (46kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Purba, Timutea 2022. Pengaruh Penggunaan Teknik Restrukturisasi Kognitif dalam Bimbingan Kelompok terhadap Kecemasan Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Santo Yusup Tropodo. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Hartono, M.Si.
Kata Kunci : Kecemasan Belajar Bimbingan Kelompok, Teknik restrukturisasi Kognitif
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan rancangan One Group Pre-test Post test Design pada populasi 37 siswa kelas VIII A SMP Santo Yusup Tropodo. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 8 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode skala kecemasan belajar siswa yang dilakukan uji validitas butir diperoleh nilai signifikansi 0,00-0,05 dengan reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,601. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis Uji T independen. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik restrukturisasi kognitif dalam bimbingan kelompok secara signifikan berpengaruh terhadap kecemasan belajar siswa SMP Santo Yusup Tropodo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:30
Last Modified: 21 Nov 2022 04:33
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1558

Actions (login required)

View Item
View Item