EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUTARAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 12 SURABAYA

Jannah, Aiza Uzlifatul (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUTARAKAN PENDAPAT PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 12 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (624kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (76kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (102kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (161kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Jannah, Aiza U. 2022. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Talking Stick Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengutarakan Pendapat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 12 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Aniek Wirastania, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Permainan, Talking Stick, Kemampuan Mengutarakan Pendapat
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VII SMP Negeri 12 Surabaya yang menunjukkan tingkan kemampuan mengutarakan pendapat yang rendah. Rumusan masalah yaitu bagaimana efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik permainan talking stick dalam meningkatkan kemampuan mengutarakan pendapat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik permainan talking stick dalam meningkatkan kemampuan mengutarakan pendapat peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental bentuk one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII, dan sebagai sampelnya adalah 10 siswa kelas VII yang memiliki tingkat kemampuan mengutarakan pendapat yang rendah. Teknik sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket kemampuan mengutarakan pendapat. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengutarakan pendapat pada peserta didik. Tingkat kemampuan mengutarakan pendapat peserta didik sebelum diberi perlakukan berupa layanan bimbingan kelompok teknik permainan talking stick berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata sebesar 49,1, dan setelah diberi perlakukan berupa layanan bimbingan kelompok teknik permainan talking stick masuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 79,3. Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Asymp Sig. (2-tailed) bernilai 0,005 lebih kecil dari ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada perbedaan antara hasil kemampuan mengutarakan pendapat peserta didik untuk pre-test dan post-test. Hal ini menujukkan bahwa “Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Talking Stick Dikatakan Efektif Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengutarakan Pendapat Peserta Didik Kelas VII-A SMP Negeri 12 Surabaya“.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:21
Last Modified: 21 Nov 2022 07:21
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item
View Item