EFEKTIVITAS TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SMA NEGERI 1 SANGKAPURA

Nazhirah, Ainun (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SMA NEGERI 1 SANGKAPURA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (635kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (35kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (385kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (419kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nazhirah, Ainun.2022. Efektivitas Teknik Reinforcement Positif Dalam Konseling Individu Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SMA Negeri 1 Sangkapura. Program studi bimbingan dan konseling. Fakultas pedagogi dan psikologi. Universitas PGRI Adi buana Surabaya. Pembimbing Pembimbing Ayong Lianawati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Reinforcement Positif, Konseling Individu, motivasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik reinforcement positif dalam konseling individu untuk meningkatkan motivasi belajar SMA Negeri 1 Sangkapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian subjek tunggal (single subject design). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI-MIA 3 dan 4, dan sebagai sampelnya ada 2 peserta didik kelas XI-MIA 3 dan 4 yang memilki tingkat motivasi belajar rendah, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan pemberian treatmen layanan konseling individu dengan menggunakan teknik reinforcement positif belajar siswa. Efektif kedua konseli memliliki hasil yang berbeda, konseli 1 overlap yang di hasilkan 0% sedangkan konseli ke 2 20%. Hal ini menunjukkan bahwa layanan konseling individu dengan menggunakan teknik reinforcement positif menghasilkan efekti dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan
didukungnya hasil dari hasil analisis data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:03
Last Modified: 21 Nov 2022 08:03
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

View Item
View Item