EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING DI SMA ANTARTIKA SIDOARJO

Zakiyah, Aliyah Fikrotuz (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING DI SMA ANTARTIKA SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (863kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (13kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (46kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (39kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Zakiyah, Aliyah Fikrotuz. 2022. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok
Teknik Role Playing Dalam Mereduksi Perilaku Bullying Di SMA Antartika
Sidoarjo. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing: Aniek Wirastania, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: perilaku bullying, Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik diskusi layanan
bimbingan kelompok terhadap perilaku bullying siswa kelas X IPS 4 SMA
Antartika Sidoarjo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah one grup pre-test post-test design, diberikan kepada 6 orang siswa kelas X
IPS 4 yang mendapat skor perilaku bullying tinggi. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang
digunakan adalah skala pengukuran perilaku bullying.
Teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah analisis non parametrik
dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil interpretasi menggunakan uji Wilcoxon
diketahui bahwa Asymp. Sig. = 0.028. Oleh karena nilai Asymp. Sig. = 0.001 < a
= 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan skor perilaku
bullying peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan
kelompok teknik role playing. Maka dari itu disimpulkan bahwa hipotesis diterima,
artinya teknik role playing dalam bimbingan kelompok efektif untuk menurunkan
perilaku bullying di kelas X IPS 4 SMA Antartika Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:53
Last Modified: 22 Nov 2022 03:53
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item
View Item