PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGATASI BURNOUT BELAJAR SISWA

Purwahyuningrum, Eka Indah (2022) PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGATASI BURNOUT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (489kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (77kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (115kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (78kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Purwahyuningrum, Eka, Indah. 2022. Penerapan Teknik Relaksasi
Untuk Mengatasi Burnout Belajar Siswa. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakltas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing Dr. Mudhar, S.Psi., M.Si.
Kata Kunci: Teknik Relaksasi, Burnout Belajar, Siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena burnout belajar
pada siswa ialah fenomena yang banyak berlangsung didunia
pembelajaran. Tekanan akademik serta prestasi jangka panjang siswa
dalam proses pembelajaran mereka bisa jadi salah satu pemicu
terbentuknya burnout pada siswa. Burnout ini bisa mengurangi
motivasi belajar siswa. Ketika burnout belajar tidak ditangani dengan
baik ini hendak berakibat kurang baik. Semenjak kasus Covid-19
pertama di Wuhan kenaikan kasus COVID- 19 di China setiap hari.
Cepatnya penyebaran virus ini serta korban positif yang semakin
meningkat membuat Presiden Joko Widodo menetapkan wabah virus
Corona COVID- 19 ini sebagai musibah nasional. Sebagian
ketentuan serta kebijakan terus dilakukan untuk menekan penyebaran
serta memutus mata rantai virus ini. Aktivitas pendidikan di sekolah
serta universitas di seluruh Indonesia dihentikan, sebagaimana
tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020
tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat.
Metode penelitian merupakan cara ilmiah yang dilakukan untuk
mendapat data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Metode utama
penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian
ini menggunakan pendekatan pre eksperimental design dengan
menggunakan The one group pretest-posttest design. Subjek
penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Krian dengan jumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala
pengukuran dengan menggunakan kuesioner. Menggunakan metode
analisis data nonparametrik sesuai dengan judul penelitian yaitu
“Penerapan Teknik Relaksasi Untuk Mengatasi Burnout Belajar
Siswa”. Digunakan dengan uji wilcoxon menggunakan aplikasi SPSS
Versi 25.
Dari hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon diperoleh
nilai Z = -2.060 dan Sig (P) = 0,039 yang berarti Sig (P) < 0,05,
sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini
adalah “Ada pengaruh layanan teknik relaksasi terhadap burnout
belajar siswa” menggunakan teknik relaksasi dalam konseling
kelompok dapat menurunkan burnout belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:45
Last Modified: 22 Nov 2022 04:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item
View Item