PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOKONSELING DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK

Sari, Dewi Wulan (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOKONSELING DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (193kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (374kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (376kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Sari, Dewi Wulan 2022 Pengaruh Konseling Kelompok Dengan
Teknik Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Konsep Diri
Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Sukodono. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Ilmu
Psikologi. Universitas Adi Buana Surabaya, Pembimbing I Dr.
Mudhar, S.Psi.,M.Si, Pembimbing II Elia Frida Mufidah,
.S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci : Pengaruh Konseling Kelompok, Bibliokonseling,
Konsep diri
Penelitian ini dilakukan karena konsep diri adalah bagian penting
bagi seseorang, Konsep diri merupakan salah satu bagian terpenting
dalam menjalani kehidupan seseorang karenanya ketika seseorang
memiliki konsep diri yang rendah maka harus di tingkatkan. Mengapa
konsep diri perlu ditingkatkan. Karena konsep diri merupakan inti dari
kepribadian yang akan menjadi landasan atas terwujudnya prilaku
seseorang. Dengan kata lain bagaimana seseorang berprilaku atau
berpenampilan akan banyak ditentukan oleh kualitas konsep dirinya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode rancangan penelitian pra-eksperimental bentuk
one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah peserta
didik kelas VIII H SMPN 2 Sukodono dan sebagai samplenya adalah
6 siswa kelas VIII H yang memiliki tingkat konsep diri yang rendah.
Teknik sampel ini diambil dengan teknik purposive sampling. Metode
pengumpula data menggunakan angket konsep diri. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu analisis statistik non-parametric dengan
menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan
setelah diberikan treatment. Maka demikian dapat disimpulkan bahwa
pengaruh konseling kelompok dengan teknik bibliokonseling efektif
untuk meningkatkan konsep diri peserta didik kelas VIII H SMP
Negeri 2 Sukodono

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:54
Last Modified: 23 Nov 2022 01:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item
View Item