IMPLEMENTASI METODE TEACCH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN ANAK AUTIS DI SLB BHAKTI LUHUR MALANG

Pasapan, Selvi Marce (2021) IMPLEMENTASI METODE TEACCH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN ANAK AUTIS DI SLB BHAKTI LUHUR MALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (655kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (86kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (175kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Pasapan, Selvi Marce. 2021. Implementasi Metode TEACCH Dalam
Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan
Anak Autis Di SLB Bhakti Luhur Malang. Program
Studi Pendidikan Khusus. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Dosen pembimbing (1) Drs. Sambira Mambela M.Pd,
(2) Ana Rafikayati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci : Metode TEACCH, Memahami isi bacaan, Anak Autis
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan
anak autis dalam memahami isi bacaan. Dalam proses belajar ada
beberapa anak autis yang mampu membaca namun belum mampu
memahami isi bacaan atau kurang mampu memahami apa isi bacaan
tersebut. Melihat permasalahan ini maka, perlu adanya metode
pembelajaran yang kreatif untuk dapat menarik perhatian anak lebih
mampu memahami materi dan membantu anak autis untuk
memahami isi bacaan. Metode pembelajaran yang dapat digunakan
adalah metode TEACCH. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan kemampuan anak autis memahami isi
bacaan melalui metode TEACCH di SLB Bhakti Luhur Malang.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas
dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari dua siklus. Tiap
siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas
VII SLB Bhakti Luhur Malang yang berjumlah 5 anak. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data
yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Khusus (PKh)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:09
Last Modified: 23 Nov 2022 07:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item
View Item