PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA ANTARTIKA SIDOARJO

Rahmawati, Henny (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA ANTARTIKA SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of ilovepdf_merged HALAMAN DEPAN.pdf] Text
ilovepdf_merged HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (102kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (219kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rahmawati. Henny. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning
berbasis Higher Order Thingking Skill Terhadap Hasil
Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Antartika Sidoarjo.
Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
Drs.Atnuri, SH., M.Pd dan Dra.B. Budi Lestari, M.Si.
Kata Kunci: Model PBL berbasis HOTS, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya pendidikan di
abad 21 yang dimana pendidik diharuskan membuat pembelajaran
yang menarik. Pemilihan model dan variasi pembelajaran perlu di
perhatikan agar pembelajaran di kelas menjadi aktif dan kreatif.
Permasalahan yang diteliti mengenai: 1) Bagaimanakah
aktivitas pendidik pada saat penerapan model PBL berbasis HOTS
terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Antartika Sidoarjo.
2) Bagaimana aktivitas peserta didik pada saat mengikuti proses PBL
berbasis HOTS terhadap hasil belajar peserta didik. 3) Adakah
pengaruh model PBL berbasis HOTS terhadap hasil belajar. Jumlah
504 peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu kelas X Mipa 3
dan X Mipa Ef 1 berjumlah 36 anak peserta didik. Diambil dengan
teknik random sampling (sampel acak). Rancangan penelitian yang
digunakanyaitu analisis deskriptif presentase, uji t-test, teknik
pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dengan
menggunakan Independent sample t-test (a=0,05). Hasil yang
dihitung dengan menggunakan t-test sebesar dengan nilai signifikan.
Nilai signifikan lebih kecil dari tingkat signifikan, oleh karena itu
kesimpulannya model Problem Based Learning berbasis Higher
Order Thingking Skill berpengaruh terhadap hasil belajar peserta
didik kelas X di SMA Antartika Sidoarjo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:37
Last Modified: 23 Nov 2022 07:37
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item
View Item