PENGARUH METODE DRILL (DRILL METHOD) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK BENDA SILINDRIS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KRIAN SIDOARJO

ROSIDAH, MEISY FADILAH (2019) PENGARUH METODE DRILL (DRILL METHOD) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK BENDA SILINDRIS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KRIAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of LAMPIRAN DEPAN-dikonversi.pdf] Text
LAMPIRAN DEPAN-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (383kB)
[thumbnail of ABSTRAK-dikonversi.pdf] Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (17kB)
[thumbnail of BAB I SKRIPSI-dikonversi.pdf] Text
BAB I SKRIPSI-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (102kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rosidah, Meisy Fadilah. 2019. Pengaruh Metode Drill (Drill
Method) Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk Pada
Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 2 Krian Sidoarjo. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing I oleh Drs. Suparman, S.Pd., M.Pd.
dan Pembimbing II Sepbianti Rangga Patriani, S.Pd., MSn.
Kata kunci : Metode Drill, hasil belajar, menggambar bentuk.
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi pengaruh
metode drill terhadap hasil belajar siswa dalam menggambar
bentuk. Metode drill diberikan kepada siswa dengan
memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah
dipelajari siswa sehingga siswa menjadi terampil dalam
menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi yang
diajarkan dengan menggunakan metode drill,
Penelitian ini membutuhkan waktu 3 minggu dengan 3
kali pertemuan. Pada teknik analisis data peneliti
menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan UJi T
berpasangan. Penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik simple random sampling yang dipilih secara acak
dengan Sampel 20 siswa dari 5 kelas. Desaign penelitian
menggunakan one grup pre tes dan post tes. T test digunakan
untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa sebelum
dan sesudah penerapan metode drill.
Berdasarkan perhitungan t-test hasilnya menunjukkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan antara t hitung dan t
tabel . pada perhitungan dengan bantuan SPSS 16.0 for
windows diperoleh t hitung yaitu | -11,169 | sedangkan t
tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2. 09302.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
metode pembelajaran terhadap hasil belajar manggambar
bentuk. Oleh karena itu dengan diterapkannya model
pembelajaran dengan metode drill. dapat meningkatkan
hasil belajar yang lebih tinggi, agar siswa lebih aktif untuk
belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:50
Last Modified: 20 Dec 2022 06:50
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item
View Item