IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA

Wijanarko, Erik (2020) IMPLEMENTASI MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (505kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (300kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wijanarko Erik. 2020. Implementasi Model Mind Mapping Untuk
Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn
Kelas X SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing Drs. A Qomaru Zaman, M.Pd,
Suhartono, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Mind Mapping, Keaktifan Siswa di SMA Wachid
Hasyim 5 Surabaya
Mind Mapping atau peta pikiran merupakan model
untuk mengungkapkan gagasan dengan cara yang menarik
secara visual dan menerapkan kedua fungsi otak secara
sinergis. Oleh karena itu Mind Mapping sangat cocok
digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan. Tuntutan kebutuhan akan ilmu
pengetahuan sekarang ini menyebabkan perkembangan
ilmu pengetahuan semakin pesat, hampir setiap negara di
dunia mengutamakan pendidikan warganya.
Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui
implementasi model Mind Mapping pada mata pelajaran
PPKn kelas X SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya 2) untuk
mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas X SMA
Wachid Hasyim 5 Surabaya. Teknik pengumpulan data
menggunakan pengamatan (observasi), wawancara dan
dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mind Mapping
mampu meningkatkan keaktifan siswa pada saat
pembelajaran PPKn. Terbukti bahwa keaktifan siswa dapat
dilihat dari perhatian siswa, kerjasama siswa dalam
kelompok, kemampuan siswa mengemukakan pendapat
dalam kelompok, memberi gagasan yang cemerlang dan
pembagian kerja yang matang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:50
Last Modified: 23 Nov 2022 07:50
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item
View Item