PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS LITERASI PERPUSTAKAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP HANG TUAH 1 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Corida, Fatma (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS LITERASI PERPUSTAKAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP HANG TUAH 1 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (929kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (321kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (324kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Corida, Fatma. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair
Share Berbasis Literasi Perpustakaan pada Peserta Didik
Kelas VIII SMP Hang Tuah 1 Surabaya Tahun Pelajaran
2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Adi Buana. Pembimbing (1) Drs. Atnuri,
S.H., M.Pd. (2) Dra. B . Budi Lestari., M..Si.
Kata Kunci: Think Pair Share dan Literasi Perpustakaan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca
peserta didik yang rendah. Hal itu dikarenakan kurangnya minat
peserta didik dalam hal membaca. Adanya literasi perpustakaan
peserta didik dapat menambah sumber literasi tidak hanya pada buku
mata pelajaran, tetapi peserta didik dapat menggunakan literasi
perpustakaan sebagai acuan dalam memecahkan masalah. Tidak
hanya menyelesaikan masalah secara individu, peserta didik juga
dapat saling berbagi informasi dengan orang lain.
Melalui model Think Pair Share (TPS) dapat membantu
peserta didik untuk berfikir secara berpasangan dan saling berbagi
informasi dengan orang lain. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif
deskriptif dengan sampel yang digunakan yaitu peserta didik VIII-C
di SMP Hang Tuah 1 Surabaya sebanyak 36 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik
memperoleh hasil sebesar 89% dalam kategori sangat baik dan
aktivitas pendidik mendapatkan hasil sebesar 92% dengan kategori
sangat baik. Hal itu ditunjang dengan hasil belajar peserta didik
dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 30 orang dengan
persentase sebesar 83% dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak
6 orang dengan persentase sebesar 17% dengan nilai KKM yang
ditetapkan sekolah yaitu 80. Berdasarkan hasil pengamatan,
disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think Pair
Share Berbasis Literasi Perpustakaan pada Peserta Didik Kelas VIII
SMP Hang Tuah 1 Surabaya Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat
diterapkan di dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:07
Last Modified: 25 Nov 2022 02:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item
View Item