PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS IV SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN

Waluyo, Rizkiku Riang Kasih (2020) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS IV SDN KEBOAN ANOM GEDANGAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (630kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (14kB)
[thumbnail of 3. BAB I A5.pdf] Text
3. BAB I A5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (106kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ineraktif animasi terhadap
hasil belajar IPA materi siklus hidup mahkluk hidup siswa kelas IV SDN KEBOAN ANOM
GEDANGAN. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Penelitian ini
memakai Metode penelitian yang digunakan yakni True Experimental design. Adapun populasi penelitian
ini ialah keseluruhan terdiri dari objek atau subjek yang mempunyai karakteristik tertentu yang ditetapkan
oleh peneliti untuk dipelajari dan selanjutnya ditarik kesimpulannya. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas kelas IV A dan C SDN Keboananom Gedangan Sidoarjo yang berjumlah 80 siswa
yang masing-masing 40 siswa. Terdapat dua variable yaitu variable bebas dan terikat. Pnelitian ini
memakai teknik purposive sampling. Alasan dipakainya teknik purposive sampling karena peneliti hanya
bisa menggunakan dua kelas dari tiga kelas IV yang ada di SDN Keboananom Gedangan Sidoarjo,
Diperoleh hasil data kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran interaktif animasi terhadap hasil
belajar siswa kelas IV SDN Keboananom Gedangan Sidoarjo dapat disimpulkan nilai tertinggi adalah 100
dan nilai terendah adalah 68.
Kata Kunci : Media Interaktif Animasi, Hasil Belajar, Siklus Hidup & Mahkluk Hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:38
Last Modified: 22 Dec 2022 11:31
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1664

Actions (login required)

View Item
View Item