PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GAYUNGAN II SURABAYA

Sholihah, Mar’atush (2020) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (777kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (370kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (297kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada masalah kurangnya nilai moral dan karakter
peduli sosial pada peserta didik. Hal itu disebabkan karena pembelajaran saat ini kurang
menerapkan pembelajaran berbasis sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji
keterlaksanaan metode bermain peran dan pengaruh metode bermain peran terhadap
karakter peduli sosial dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental jenis posttest only.
Sampel penelitian menggunakan teknik purposuve sampling yaitu kelas IV A dan IV B.
Hasil uji validasi RPP memperoleh rerata 3,50, validasi observasi pendidik diperoleh
rerata 3,46, validasi observasi peserta didik diperoleh rerata 3,53, validasi angket
diperoleh rerata 3,42, validasi tes hasil belajar diperoleh rerata 3,56 yang layak dan
dapat dilaksanakan pengambilan data dalam penelitian. Hasil perhitungan data
observasi keterlaksanaan metode bermain peran pada pendidik memperoleh rerata 3,7
dan peserta didik memperoleh rerata 3,6 dengan kategori sangat baik, artinya penerapan
metode bermain peran terlaksana dengan sangat baik. Hasil analisis data uji hipotesis
angket dan hasil belajar memperoleh sig < 0,05 yaitu Asymp. Sig = 0,000 berarti bahwa
H1 : µ1 ≠ µ2 adanya pengaruh terhadap penerapan metode bermain peran pada kelas
eksperimen yang telah dilakukan oleh peneliti. Hal ini mengartikan bahwa terdapat
perbedaan karakter peduli sosial dan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Karakter Peduli Sosial, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:14
Last Modified: 22 Dec 2022 11:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item
View Item