PENGARUH MEDIA HALMA PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR BERBASIS 4C PADA PEMBELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA SIDOARJO

Saputra, Eko Ferik Andi (2020) PENGARUH MEDIA HALMA PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR BERBASIS 4C PADA PEMBELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (427kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (44kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (21kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (45kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : media halma Pancasila, Hasil Belajar, berbasis 4C.
Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan
mempersiapkan perangkat tentang media halma pembelajaran pada
sekolah dasar. Penggunaan media halma Pancasila untuk
memantapkan penanaman konsep supaya masuk memori jangka
panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh media halma Pancasila terhadap hasil belajar berbasis 4C. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan rancangan Quasi
Eksperimental design- post test only control design. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Hang Tuah 10
Juanda Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian
menggunakan probability Sampling dengan teknik Cluster
Sampling. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas IV-B
sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-C sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik
analisis data menggunakan persentase, skor, dan uji-t. Setelah
dilaksanakan penelitian aktivitas pendidik mendapatkan 86,75℅, aktivitas peserta didik mendapatkan 84,75℅ berkategori sangat baik.
Data observasi kolaborasi kelas eksperimen 87,51 dan kelas kontrol
89,07 dikategorikan sangat baik. Uji homogenitas UTS sig. 0,371,
dan post test sig.0,217. Uji normalitas post test eksperimen sig. 0,135
dan kontrol sig. 0,200. Uji hipotesis sig. 0,033.
Hasil uji hipotesis mendapatkan sig. 0,033 < 0,05, maka
dapat disimpulkan ada pengaruh media halma Pancasila terhadap
hasil belajar berbasis 4C pembelajaran PPKn peserta didik kelas IVSD Hang Tuah 10 Juanda Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:56
Last Modified: 22 Dec 2022 11:26
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item
View Item