PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDEDvTERHADAP HOTS PADA MUATAN MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN KEBOAN ANOM SIDOARJO

Styanada, Galuh Enggita (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDEDvTERHADAP HOTS PADA MUATAN MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN KEBOAN ANOM SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN .pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (402kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9kB)
[thumbnail of 2.BAB I .pdf] Text
2.BAB I .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (116kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Model Pembelajaran Open-Ended, HOTS
Salah satu muatan dalam kurikulum 2013 yaitu menuntut
peserta didik untuk mampu berpikir tingkat tinggi (HOTS). Upaya
yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran
dengan model pembelajaran open-ended. Peranan model
pembelajaran sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran.
Dengan menggunakan model pembelajaran open-ended
mempermudah peserta didik memahami dan mengetahui serta
menyelesaikan permasalahan HOTS pada materi bangun ruang.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
open-ended terhadap HOTS pada muatan materi bangun ruang siswa
kelas V SDN Keboan Anom Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
rancangan penelitian posttes-only control design. Sampel penelitian
peserta didik yang berjumlah 66, menggunakan cluster random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik
analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan dari hasil pengujian
hipotesis yang dilakukan oleh penulis, menunjukkan bahwa H0 ditolak
pada taraf signifikansi 5% diperoleh hasil thitung sebesar 4,72 > -3,2.
Maka dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan terdapat
pengaruh model pembelajaran open-ended terhadap HOTS pada
muatan materi bangun ruang siswa kelas V SDN Keboan Anom
Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:13
Last Modified: 20 Dec 2022 14:05
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item
View Item