ANALISIS KESULITAN BELAJAR BERHITUNG PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN KELAS V SDN KETABANG SURABAYA

Rahayu, Suci (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BERHITUNG PADA MATERI PECAHAN CAMPURAN KELAS V SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (397kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (416kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (664kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Dengan
dasar itulah matematika diharuskan untuk diajarkan pada saat siswa duduk dibangku sekolah dasar. Dalam
upaya tujuan pembelajaran matematika terdapat banyak permasalahan yang muncul, sehingga tujuan
pembelajaran matematika ini belum dapat tercapai secara maksimal. Permasalahan tersebut mengakibatkan
siswa kesulitan belajar yang dapat berdampak rendahnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui
kesulitan-kesulitan belajar berhitung siswa dalam materi pecahan campuran kelas V. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,angket,wawancara, dan
tes tulis. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Data dan sumber data penelitian ini ialah guru dan seluruh
siswa kelas V B di SDN Ketabang Surabaya yang berjumlah 80 siswa. Sedangkan subjek penelitian yaitu 15
siswa. Materi yang dibahas pada penelitian ini yaitu pecahan campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
subjek penelitian mengalami kesulitan pada masing-masing butir soal dengan berbagai kesalahan yang meliputi
tiga aspek, yakni sebanyak 7 siswa atau 45% siswa yang kurang memahami konsep, kesulitan berhitung pada
keterampilan matematika berjumlah 8 siswa atau 55% siswa.
Kata kunci: belajar, kesulitan belajar, pecahan campuran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:29
Last Modified: 26 Dec 2022 15:38
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item
View Item