PENGARUH METODE BRAINWRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN NGAGEL REJO I SURABAYA

MAULIDA, ROHMATUL HANIM (2020) PENGARUH METODE BRAINWRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN NGAGEL REJO I SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1.caver.pdf] Text
1.caver.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (884kB)
[thumbnail of ABSTRAK maul.docx] Text
ABSTRAK maul.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (13kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (196kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (393kB)
Official URL: HTTPS://UNIPASBY.AC.ID

Abstract

Maulida, Rohmatul Hanim. 2020. Pengaruh Metode Brainwriting terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV SDN Ngagel Rejo I Surabaya. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso, M.Pd., (2) Ida Sulistyawati, SH, M,Pd.
Kata kunci: metode brainwriting, kemampuan menulis karangan deskripsi.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan yang ada di lapangan, dimana siswa kurang menguasai kemampuan dalam menulis karangan deskripsi. Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan guru untuk merealisasikan strategi pembelajaran yang telah ditetapkan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode brainwriting untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis sebuah karangan deskripsi. Dengan menggunakan metode brainwriting dalam menuliskan karangan deskripsi siswa dapat mengembangkan kalimat dengan mencurahkan ide atau gagasan yang ada didalam pikirannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh metode brainwriting terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Ngagel Rejo I Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen Quasi Experimental Design dan rancangan penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian siswa kelas IV C yang berjumlah 40 siswa, menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode brainwriting terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Ngagel Rejo I Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:13
Last Modified: 25 Nov 2022 04:13
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1718

Actions (login required)

View Item
View Item