PENGARUH MEDIA BUKU DONGENG TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA SATUAN PANJANG PADA SISWA KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA SIDOARJO

Nurcahyani, Amalia (2020) PENGARUH MEDIA BUKU DONGENG TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA SATUAN PANJANG PADA SISWA KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman depan-1.pdf] Text
1. Halaman depan-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (435kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (205kB)
[thumbnail of 8. daftar pustaka dan lampiran-1.pdf] Text
8. daftar pustaka dan lampiran-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Buku dongeng, soal cerita, satuan panjang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya
pengaruh pada penggunaan media buku dongeng
terhadap hasil belajar matematika siswa dalam
menyelesaikan soal cerita pada konsep satuan panjang.
Penelitian ini di laksanakan di SD Hang Tuah 10
Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah True
Eksperimental Design dengan bentuk Posttest Only
Control Design. Pengambilan sampel menggunakan
teknik Sampling Purposive. Populasi penelitian ini
seluruh siswa kelas III. Sampel penelitian yang pertama
berjumlah 24 siswa untuk kelas eksperimen. sampel
yang kedua berjumlah 24 siswa untuk kelas kontrol.
Dengan variabel bebas yakni media buku dongeng dan
variabel terikat yakni kemampuan menyelesakan soal
cerita. Analisis data proses kedua kelompok
menggunakan Uji-t diperoleh thitung sebesar 3,935 dan ttabel
pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,073, maka thitung >
ttabel.
Hasil penelitian yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh media buku
dongeng terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita
satuan panjang pada siswa kelas III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:32
Last Modified: 26 Dec 2022 15:40
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item
View Item