PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PEREDARAN DARAH PADA SISWA KELAS V SD HANG TUAH 10 JUANDA

Rustanto, Jihan Syafira (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PEREDARAN DARAH PADA SISWA KELAS V SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (443kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (188kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (310kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka + Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka + Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: problem based learning, hasil belajar, aktivitas siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Aktivitas
siswa dalam penerapan model problem based learning pada
pembelajaran IPA materi peredaran darah siswa kelas V SD Hang
Tuah 10 Juanda; (2) Pengaruh model problem based learning terhadap
hasil belajar materi peredaran darah pada siswa kelas V SD Hang Tuah
10 Juanda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
desain Quasi Experimental Design tipe Posttest-Only Control Design
(Nonequivalent Control Group Design). Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SD Hang Tuah 10 Juanda, dengan mengunakan
teknik Cluster sampling (area sampling) terpilih sampel kelas V A
sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes sebagai data utama dengan
didukung lembar observasi siswa. Teknik analisis data menggunakan
statistic inferensial parametric dengan berbantuan software SPSS
versi 16.0. Hasil ini dibuktikan dengan: (1) Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05
dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, penelitian dapat
dinyatakan ada pengaruh model pembelajaran problem based learning
terhadap hasil belajar materi pada siswa kelas V SD Hang Tuah 10
Juanda. (2) Aktivitas siswa pada model problem based learning kelas
V SD Hang Tuah 10 Juanda dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:54
Last Modified: 26 Dec 2022 15:42
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item
View Item