PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOKERTO

Hidayah, Yuliya Takhmilul (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (586kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (157kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (171kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil
Belajar.
Hasil belajar siswa perlu dikembangkan sejak dini, khususnya
pada jenjang sekolah dasar. Namun pada kenyataan di lapangan,
hasil belajar siswa masih sangat rendah. Dalam hal itu, maka guru
harus menerapkan model pembelajaran yang tepat. Problem based
learning merupakan model pembelajaran yang menyajikan berbagai
permasalahan untuk meningkatkan kemampuan siswa agar mampu
menyelidiki dan mengatasi sebuah masalah baik dalam pembelajaran
maupun kehidupan sehari-hari. Dengan diterapkannya model
pembelajaran problem based learning diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada
pembelajaran tematik terpadu. Hasil belajar merupakan kemampuankemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman
belajarnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kuantitatif dengan menggunakan bentuk posttest only
control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Adapun
teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh hasil
belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning pada siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 05:24
Last Modified: 26 Dec 2022 15:30
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item
View Item