PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS 5 SDN NGAGEL REJO I SURABAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

Syamsiyono, Novi Amaliyah (2020) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS 5 SDN NGAGEL REJO I SURABAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (693kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (87kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (100kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Think Talk Write, berpikir kritis, hasil belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih banyaknya
siswa yang kesulitan untuk mengingat materi yang sudah diajarkan
karena model pembelajaran yang kurang cocok untuk siswa,
karenanya guru harus mengembangkan model pembelajaran yang
lebih mengaktifkan siswa untuk mencatat dengan menerapkan model
pembelajaran TTW berbasis berpikir kritis sehingga hasil belajar yang
akan diperoleh lebih maksimal.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif.
Populasi yang digunakan yaitu kelas 5 SDN Ngagel Rejo I Surabaya
yaitu kelas 5A, 5B, 5C, dan 5D. Pengambilan sampel menggunakan
teknik Cluster Random Sampling. Kelas yang diambil adalah kelas 5B
sebanyak 39 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan rumus statistik deskriptif (kuantitatif
deskriptif) dan ketuntasan belajar secara individu dan ketuntasan
belajar secara klasikal.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa
aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran model TTW berbasis
berpikir kritis berkategori sangat baik. Skor aktivitas guru sebesar 90
skor aktivitas siswa sebesar 90 dan ketuntasan hasil belajar siswa
sebesar 92%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa
aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran TTW
berbasis berpikir kritis sangat baik dan dapat memberikan ketuntasan
hasil belajar siswa kelas 5B SDN Ngagel Rejo I Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 05:29
Last Modified: 26 Dec 2022 15:32
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item
View Item