EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SDN GAYUNGAN II SURABAYA

Farhan, Moch. (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1 Halaman awal A5.pdf] Text
1 Halaman awal A5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (207kB)
[thumbnail of farhan abstrak.pdf] Text
farhan abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (187kB)
[thumbnail of 2 BAB I.pdf] Text
2 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (52kB)
[thumbnail of 7 lampiran a5.pdf] Text
7 lampiran a5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: HTTPS://UNIPASBY.AC.ID

Abstract

Farhan, Moch. 2020. Efektivitas Model PembelajaranProblem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika SiswaKelas 5 SDN Gayungan II Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)Dr.Rarasaning Satianingsih, S. E., M. Pd. (2) Via Yustitia, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Matematika.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan harapan siswa menguasai kemampuan literasi matematika. Literasi matematika ini mampu mempermudah seseorang dalam memahami kegunaan matematika dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat sebuah keputusan yang tepat. Namun kenyataannya berdasarkan hasil PISA tahun 2018, Indonesia mengalami penurunan hasil tes Kemampuan Literasi Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen yang diajar melalui PBL lebih baik daripada kelas kontrol; (2) Aktivitas siswa kelas 5 yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning; (3) Guru mampu melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan quasi experimental design tipe Post-test only. Penelitian ini menggunakan skala interval. Populasinya adalah peserta didik kelas 5 SDN Gayungan II Surabaya. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas 5-B (kelas kontrol) dan 5-A (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes yang dianalisis dengan SPSS 22; observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru dengan deskriptif; dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan, bahwa: (1) Kemampuan literasi siswa kelas eksperimen yang diajar rmelalui PBL lebih baik daripada kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:22
Last Modified: 25 Nov 2022 06:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item
View Item