PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS 4 SD HANG TUAH 10 JUANDA

FANDINI, AGUSTINA AYU (2020) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS 4 SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (861kB)
[thumbnail of fandini abstrak.pdf] Text
fandini abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (331kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (275kB)
[thumbnail of 7. Daftar Pustaka.pdf] Text
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (298kB)
Official URL: HTTPS://UNIPASBY.AC.ID

Abstract

Fandini, Agustina Ayu. 2020. Pengaruh Metode Mind Mapping
terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas 4 SD
Hang Tuah 10 Juanda. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Bahauddin
Azmy, M.Pd. (2) Dra. Dian Kusmaharti, S.Si,M.Pd.
Kata Kunci : Mind Mapping, narasi, keterampilan menulis
Menulis sering dianggap sebagai kegiatan yang sulit dan
membosankan. Padahal, menulis tangan memiliki banyak manfaat
dalam mengasah keterampilan lainnya seperti berpikir kritis, daya
ingat dan motorik. Pada saat melakukan observasi magang 1 banyak
ditemukan siswa yang malas untuk menulis catatan yang dipaparkan
oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh
metode Mind Mapping terhadap keterampilan menulis narasi siswa
kelas 4 di SD Hang Tuah 10 Juanda. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif.
Desain penelitian yaitu True Experimental Design. Populasi dari
penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda,
dengan sampel kelas IV A dan IV B total 46 siswa. Variabel bebas
adalah metode Mind Mapping, dan variabel terikat adalah
keterampilan menulis narasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan post-test. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa
metode Mind Mapping memiliki pengaruh terhadap keterampilan
menulis narasi pada siswa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda yang
diperkuat dengan hasil penghitungan yang diperoleh adalah -19,7
<2.015>+19,7 dimana dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa Ho
ditolak, dan H1 diterima karena Thitung lebih besar dari pada Ttabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:48
Last Modified: 25 Nov 2022 06:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1738

Actions (login required)

View Item
View Item