PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS SISWA KELAS V SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO

Yustika, Mirza Ratna (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS SISWA KELAS V SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan .pdf] Text
1. Halaman Depan .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (765kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (194kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (311kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran .pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan Pengaruh
Model Pembelajaran TGT pada hasil belajar matematika materi
volume bangun ruang kubus dalam pembelajaran kelas V SDN
Sedati Gede II Sidoarjo.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model
Pembelajaran TGT terhadap hasil belajar matematika materi volume
bangun ruang kubus siswa kelas V SDN Sedati Gede II Sidoarjo.
Dengan diterapkannya model pembelajaran TGT di harapkan dapat
membentuk karakter peserta didik yang baik, dan memiliki semangat
dalam belajar terutama pada hasil belajar peserta didik di mata
pelajaran Matematika, tidak hanya menganggap Matematika itu sulit
namun merupakan tantangan bagi siswa dalam menyelesaikannya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif inferensial
menggunakan jenis penelitian eksperimen. Dengan menggunakan
pengumpulan data berupa Post-Test. Penelitian ini diterapkan pada
30 peserta didik kelas 5B (sebagai kelas eksperimen) dan 30 peserta
didik kelas VA (sebagai kelas kontrol). Penelitian ini menggunakan
instrumen berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Dari hasil
pengumpulan data berupa Post-Test ini akan di hitung menggunakan
rumus uji t. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar berupa PostTest peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran
TGT lebih tinggi dibandingkan dengan nilai hasil belajar (Post-Test)
menggunakan pendekatan saintifik. Terutama didukung juga dengan
xvii
hasil uji t yang menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima yang
artinya terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil
matematika materi volume bangun ruang kubus siswa kelas V SDN
Sedatigede II Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020. Secara teoritis
penelitian ini sejalan dengan teori yang terdapat dalam buku
Hamdani, (2011:92) bahwa aktivitas siswa dengan model TGT
memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping
menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan
keterlibatan belajar. Dan menurut Suhendri, (2010:109)
mengemukakan bahwa hasil belajar matematika adalah kemampuan
yang dimiliki seorang siswa setelah ia mendapat pesan berupa
penjelasan materi pembelajaran matematika sehingga dapat berfikir
secara kritis, logis, dan sistematis. Secara empiris penelitian ini
sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Siti Nurazizah (2017)
dengan judul Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams
Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Yang menyatakan bahwa
terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 4 metro barat.
Sebagaimana yang telah dikemukakan diatas model pembelajaran
TGT merupakan model yang efektif untuk proses belajar mengajar.
Dengan menekankan pada kerja sama team dan tanggung jawab
individu siswa mampu menunjukkan bahwa belajar itu penting,
berharga dan menyenangkan terutama pada mata pelajaran
matematika sehingga siswa dapat mengembangkan kreatifitas dan
inovasi dalam belajar matematika yang sebelumnya dianggapnya
momok bagi siswa, justru siswa lebih enjoy dan percaya diri dalam
mengerjakan suatu apapun yang berkaitan dengan matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:29
Last Modified: 26 Dec 2022 15:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item
View Item