PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) BERBANTUAN MEDIA JAM SUDUT TERHADAP KETERAMPILAN MENGHITUNG SUDUT SISWA KELAS IV DI SDN BELAHAN TENGAH MOJOSARI

ERISTINA, MEGA (2020) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) BERBANTUAN MEDIA JAM SUDUT TERHADAP KETERAMPILAN MENGHITUNG SUDUT SISWA KELAS IV DI SDN BELAHAN TENGAH MOJOSARI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (228kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (85kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Kooperatif TPS, Keterampilan Menghitung
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah
pengaruh model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbantuan
media jam sudut terhadap keterampilan menghitung sudut siswa
Kelas IV SDN Belahan Tengah Mojosari serta bagaimana aktifitas
siswa dalam keterampilan menghitung sudut.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model
kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbantuan media jam sudut
terhadap keterampilan menghitung sudut siswa kelas IV SDN
Belahan Tengah Mojosari. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan sampel yaitu 31 siswa. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah PreTest dan PostTest
Simpulan dari penelitian ini yaitu hasil tes keterampilan menghitung
sudut dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS (Think Pair
Share) kategori “Sangat Baik”. Hal ini dibuktikan dengan
perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 12,75 dan hasil ttabel
2,042 dengan taraf siginfikan 5% atau 0,05, db = 30 sebesar 2,042.
Berdasarkan perhitungan tersebut nilai thitung lebih dari nilai ttabel
(12,75 > 2,042) dapat disimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima
yang artinya ada pengaruh model kooperatif tipe TPS (Think Pair
Share) berbantuan media jam sudut terhadap keterampilan
menghitung sudut siswa Kelas IV SDN Belahan Tengah Mojosari
tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:39
Last Modified: 26 Dec 2022 15:26
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item
View Item