PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SDN SEDATI GEDE 02

CHIKMIA, CAMALIA ZUKHRUFIL (2020) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SDN SEDATI GEDE 02. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (682kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (116kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (304kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN_compressed.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN_compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil
Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil
belajar siswa yang disebabkan pembelajran yang hanya berpusat
pada guru. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan model
Discovery Learning pada pembelajaran Tematik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan
kuantitatif deskriptif, yang memuat gambaran mengenai pelaksanaan,
kendala dan upaya penyelesaian dalam menerapkan model Discovery
Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
Observasi dan Tes (Pre-Test dan Post-Test). Data dalam penelitian ini
berupa observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan tes hasil
belajar. Dan yang dijadikan sumber data adalah seluruh siswa kelas
IV-A SDN Sedati Gede 02 yang berjumlah 32 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil
belajar siswa mencapai 81% dengan kategori sangat baik. Hal itu
didukung oleh aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Dua faktor pendukung tersebut dibuktikan dengan hasil observasi
aktivitas guru dan siswa dengan masing-masing berkategori sagat
baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa
penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran Tematik
mampu memberikan hasil belajar siswa yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 05:04
Last Modified: 22 Dec 2022 11:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item
View Item