PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 2 TAMAN

Solikah, Imroatus (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 2 TAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1.pdf] Text
1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (507kB)
[thumbnail of 2.pdf] Text
2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (40kB)
[thumbnail of 3.pdf] Text
3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (98kB)
[thumbnail of 8.pdf] Text
8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Solikah, Imroatus. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis
Masalah (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa SMPN 2 Taman. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing Erlin Ladyawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah (PBL),
kemampuan pemecahan masalah.
“Matematika merupakan salah satu ilmu dasar pendidikan
yang bersifat umum dan harus dikuasai oleh siswa. Matematika
merupakan bidang studi yang berguna dan membantu dalam
menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
memerlukan suatu keterampilan dan kemampuan untuk
memecahkannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau
tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL)
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah kelas 8 yang terdiri dari
12 kelas, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
cluster sampling sehingga diperoleh sampel yakni kelas VIII-C dan
VIII-D yang terdiri dari 37 dan 36 siswa. Teknik pengumpulan data
yang digunakan peneliti adalah tes awal dan tes akhir. Adapun teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis uji t.
Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data pada uji
prasyarat χhitung
2
<χtabel
2
yaitu 10,94<11,07 untuk kelas VIII-C dan
χh itung
2
<χtabel
2
yaitu 7,03<11,07 untuk kelas VIII-D, Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa SMPN 2 Taman”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:56
Last Modified: 28 Nov 2022 06:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item
View Item