PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) PADA MATERI HIMPUNAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 SURABAYA

Setiawan, Ryan Bagus (2019) PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) PADA MATERI HIMPUNAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (645kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (262kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (267kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Ryan Bagus Setiawan, 2015. Penerapan Model Brain Based Learning
(BBL) Pada Materi Himpunan Peserta didik Kelas VII SMPN 2
Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing: Moh.Syukron Maftuh, S.Si.,
M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Brain Based Learning,
Matematika, Materi Himpunan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya model pengajaran di
sekolah dan lebih dominan pada pengajaran konvensional. Dimana
guru hanya memberikan pengajaran yang monoton dan membuat
siswa bosan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”
Bagaimana respon peserta didik SMP kelas VII pada penerapan model
brain based learning (BBL) dalam pembelajaran materi Himpunan ?”.
Tujuannya adalah untuk mengetahui respon peserta didik dalam
penerapan model Brain Based Learning.
Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif.
Dimana sumber data didapat melalui observasi, angket, dan tes. Data
akan dianalisa menggunakan metode analisis kuantitatif yang sudah
ada.
Berdasarkan analisa data yang dilakukan dalam penelitian yang
terdiri dari satu kelas yaitu kelas VII-F. Maka diperoleh Persentase
respon Penerapan model Brain Based Learning adalah 58,5% untuk
respon baik dan yang tidak merespon sebesar 41,5% dan 64,03%
untuk perilaku siswa yang relevan dengan pembelajaran sisanya
melakukan penyimpangan seperti bermain HP, mengobrol dengan
teman sebangku, dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:15
Last Modified: 28 Nov 2022 06:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item
View Item