PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOEPRATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 TAMAN

Wafiroh, Nur Nihayatul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOEPRATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 TAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (309kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (101kB)
[thumbnail of 3. BAB 1 PRINT.pdf] Text
3. BAB 1 PRINT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (111kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nihayatul Wafiroh, Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
SMPN 2 Taman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing Drs. Susilo Hadi, M. Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil
Belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Penelitian ini berlatar belakang kurangnya semangat belajar
matematika siswa SMPN 2 Taman yang mengakibatkan rendahnya
hasil belajar yang diperoleh. Hal ini ditunjukkan pada nilai hasil akhir
belajar siswa yang masih banyak dibawah kkm. Pemilihan model
pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan merupakan
solusi yang tepat untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif dan
meningkatkan semangat siswa dalam melakukan proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil
belajar matematika siswa SMPN 2 Taman. Metode penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
true eksperimental design yaitu posttest-only control design (Sugiono,
2015). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis berupa
uraian dan berjumlah enam soal dengan teknik simple random
sampling. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN
2 Taman. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu siswa kelas
VIII-j berjumalh 36 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIIIi berjumlah sama 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Analisis data
yang digunakan adalah kuantitatif uji t.
Dari tabel distribusi t pada taraf signifikan yang digunakan
sebesar α = 0.05 dengan derajat kebebasan 70 (t0.05;70) di dapat harga
tabel 1,997. Karena dari hasil perhitungan data penelitian
menunjukkan harga t hitung sebesar 4,689, maka H0 ditolak.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji-t, thitung berada di daerah penolakan H0 dengan hasil
thitung > ttabel dengan 4,689 > 1,997 sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:39
Last Modified: 28 Nov 2022 06:39
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item
View Item