Pengaruh Model PBL (Belajar Problem Based Learning) Terhadap hasil belajar Logika Matematika siswa kelas X SMK Nasional Mojosari TAHUN AJARAN 2016-2017

NATAPRAJA, EKO (2017) Pengaruh Model PBL (Belajar Problem Based Learning) Terhadap hasil belajar Logika Matematika siswa kelas X SMK Nasional Mojosari TAHUN AJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (341kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (129kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (991kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Natapraja, Eko. 2017. Pengaruh Model PBL (Belajar Problem Based
Learning) Terhadap hasil belajar Logika Matematika siswa kelas X
SMK Nasional Mojosari .Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1)
Erlin Ladyawati, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci:Model Belajar, Hasil Belajar, PBL (Belajar Problem
Based Learning)
Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya siswa yang nilainya
kurang dalam matematika dan banyak siswa menganggap matematika
pelajaran yang sulit. Ada berbagai faktor yang menyebabkan siswa
menganggap matematika sulit, baik faktor internal ataupun eksternal.
Faktor internal adalah kemauan dari siswa sendiri dalam menerima
pembelajaran matematika, sedangkan faktor eksternal yaitu guru,
lingkungan, fasilitas dan lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah “Adakah pengaruh model belajar PBL (Problem Based
Learning) terhadap hasil belajar Logika matematika?”. Model belajar
PBL (Problem Based Learning) model belajar yang melibatkan siswa
untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap ilmiah sehingga
siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan
masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk
memecahkan masalah. Dalam penelitian siswa diberikan materi
persamaan Logika matematika. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari
dua kelas, kelas pertama terdapat 47 siswa yang diberi model belajar
PBL (Problem Based Learning). Pada kelas kerdua terdapat 37 siswa
dan diberi model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran
materi Logika Matematika selesai diberikan, maka siswa diberi tes
untuk mendapatkan nilai yang akan dipergunakan dalam analisis data.
Dalam penelitian ini, Ho berbunyi Tidak ada pengaruh model belajar
PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar matematika dan
Ha berbunyi ada pengaruh model belajar PBL (Problem Based
Learning) terhadap hasil belajar logika matematika. Dalam penelitian
ini diperoleh bahwa nilai thitung = 4,2 > ttabel = 2,63 pada taraf
vi
signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya
pengaruh model belajar PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil
belajar logika matematika. Dalam hal ini, pengaruh berupa pengaruh
positif yaitu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:50
Last Modified: 07 Dec 2022 04:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item
View Item