PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN KETABANG SURABAYA TAHUN AJARAN 2019-2020

Arum, Dinda Kurnia (2020) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN KETABANG SURABAYA TAHUN AJARAN 2019-2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (295kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (310kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Metode Problem Solving, Berpikir Kritis, Hasil Belajar,
Penelitian ini telah dilakukan dengan judul ”Pengaruh Metode
Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis”. Penelitian
ini dengan tujuan mengkaji pelaksanaan metode problem solving dan
mengkaji adanya pengaruh metode problem solving terhadap
kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Penelitian menggunakan
jenis penelitian kuantitatif, dengan bentuk Quasi Eksperimental
Nonequivalent Post-test Only Control Design. Teknik pengumpulan
data observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan bantuan
sofware SPSS.16
Hasil uji validasi RPP diperoleh 3,25 berkategori baik, lembar
observasi pendidik diperoleh 90 berkategori sangat baik, lembar
observasi peserta didik 93 yang artinya berkategori sangat baik,
lembar tes berpikir kritis diperoleh 73 berkategori baik, lembar tes
hasil belajar diperoleh 92 berkategori sangat baik. Hasil penelitian uji
homogenitas 0,881>0,05 yang berarti data homogen, uji normalitas
kelas kontrol 0,021 dan kelas eksperimen 0,159 yang berati data
normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan
metode problem solving berjalan dengan sangat baik. (2) Uji t-test
diperoleh Sig 0,000<0,05 dengan demikian H0 ditolak.
Simpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh metode
problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar
siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:54
Last Modified: 22 Dec 2022 11:37
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item
View Item