PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Fauziyah, Firda (2020) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (120kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (18kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf.pdf] Text
3. BAB I.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (135kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (7MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: mind mapping, hasil belajar, pengaruh
Penelitian ini dilakukan dengan judul “Pengaruh Metode
Mind Mapping Terhada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVSDN Menanggal 601 Surabaya”. Tujuan penelitian ini adalah
mengkaji keterlaksanaan metode mind mapping pada peserta
didik kelas IV dan mengkaji adakah pengaruh metode mind
mapping terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian quasi experimental nonequivalent
control group design dan teknik purposive sampling. Penelitian ini menhgasilkan data validasi RPP yang
memperoleh skor 3,1 dengan kategori baik. Data observasi
pendidik dan peserta didik memperoleh skor 3,6, data tes hasil
belajar memperoleh skor 3,8 dengan kategori sangat baik. Hasil
validasi tersebut dinyatakan layak dan dapat digunakan dalampenelitian. Dengan bantuan software SPSS 16.0 tes hasil belajar
diuji dengan menggunakan uji homogenitas dmenghasilkan Sig.
0,484 dengan ketentuan Sig. > 0,05 yang berarti data homogen.
Uji normalitas menghasilkan Sig. 0,069 untuk kelas eksperimen
dan Sig. 0,072 untuk kelas kontrol dengan ketentuan Sig. > 0,05
yang berarti data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji
T-test menghasilkan Sig. 0,03 dengan ketentuan < 0,05 yang
berarti H0 ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar peserta
didik SDN menanggal 601 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:04
Last Modified: 22 Dec 2022 11:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item
View Item