PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 TAMAN

Haris, Fingky Yunita (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 TAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan-1.pdf] Text
1. Halaman Depan-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (121kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (207kB)
[thumbnail of 8. daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Haris, Fingky Yunita, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 3 Taman. Program Studi
Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Sunyoto Hadi P, S.T., M.Pd. (2) Eka Susilowati, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education dan Hasil Belajar Matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain PosttestOnly Control Design untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) di SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah “Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo”.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII tahun
ajaran 2018/2019 SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo. Peneliti
mendapatkan kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII
A sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik random
sampling.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai
hitung t
= 5,15 dan nilai
tabel t
= 1,997730 dengan taraf signifikan 5%. Karena
hitung t
>
tabel t
berarti H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP
Negeri 3 Taman sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:22
Last Modified: 28 Nov 2022 07:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item
View Item