IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS V TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 SDN KETABANG SURABAYA

SOFA, SABRINA ZAMZAMIATUL (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS V TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (189kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (315kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Metode pembelajaran di luar kelas, Keterampilan
berpikir kritis, Tematik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.
Untuk memperoleh data dalam penelitian kemampuan berpikir kritis
di SDN Ketabang Surabaya maka peneliti menggunakan sumber data
primer dan data sekunder.
Penelitian ini menekankan pada berpikir kritis siswa kelas V
melalui implementasi metode pembelajaran di luar kelas. Tujuan
penelitian ini adalah 1) Mengetahui implementasi pembelajaran di
luar kelas, 2) Mengetahui dampak implementasi metode
pembelajaran di luar kelas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
kelas V SDN Ketabang Surabaya.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis
interaktif yang tediri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Implementasi metode pembelajaran di luar kelas dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. 2) Dampak
implementasi metode pembelajaran di luar kelas terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulan dari penelitian ini
yaitu implementasi pembelajaran di luar kelas dapat meningkatkan
keterampilan berpikir kritis pada kelas V dapat diterapkan dalam
proses pembelajaran dengan materi yang sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:33
Last Modified: 20 Dec 2022 14:11
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item
View Item