PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA

SANTI, ERLISA NUR (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (524kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (99kB)
[thumbnail of 8.  DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model pembelajaran Role Playing, Kepercayaan diri
Pendidikan bertujuan mencerdaskan dan mengembangkan
potensi pada peserta didik. Untuk itu perlunya adanya model
pembelajaran dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan.
Salah satu model yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran
Role Playing. Model pembelajaran Role Playing dapat digunakan
dalam memunculkan rasa percaya diri pada peserta didik, dengan
begitu peserta didik dapat berekspresi menurut imajinasinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan
model pembelajaran Role Playing dalam mengembangkan
kepercayaan diri peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan yaitu desain statistik
deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III
A-D. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling tipe
simple random sampling dan ditentukan sampel yang digunakan
yaitu peserta didik kelas III-B. Data yang diperoleh melalui dua
pengumpulan data yaitu angket kepercayaan diri peserta didik dan
observasi aktivitas peserta didik. Sehingga memperoleh hasil data
yang termasuk dalam kriteria “percaya diri sangat baik”. Dapat
disimpulkan penerapan model pembelajaran Role Playing dalam
mengembangkan kepercayaan diri peserta didik kelas III SD Hang
Tuah 10 Juanda Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020 dapat
menumbuhkan rasa percaya diri dengan sangat baik pada peserta
didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:10
Last Modified: 22 Dec 2022 11:21
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1830

Actions (login required)

View Item
View Item