PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO

IMANSARI, GEBY CITRA (2020) PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (883kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (192kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (275kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (8MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: media gambar, menulis puisi.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemanfaatan
media pembelajaran. Untuk mengoptimalkan, di ambil tindakan
pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Media gambar
dalam bidang pendidikan merupakan sesuatu yang diwujudkan ke
dalam bentuk dua dimensi yang memberikan gambaran kepada siswa
untuk menulis puisi. Peranan media sangat diperlukan dalam kegiatan
pembelajaran. Dengan menggunakan media yang menarik dan
inovatif, yaitu media gambar yang merupakan alat bantu untuk
mempermudah peserta didik dalam menulis, khususnya menulis puisi.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan,
kemampuan siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran menulis
puisi dengan menggunakan media gambar kelas IV SDN Sedatigede
II Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan metode
kualitatif. Data berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta
didik, tes kemampuan menulis puisi, dan angket respons siswa.
Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas IV C yang
berjumlah 32 siswa, lokasi penelitian adalah di SDN Sedatigede II
Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran
2019/2020. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah
observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun rumusan masalah
dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses penerapan media gambar
dalam memaksimalkan pembelajaran menulis puisi, bagaimana
kemampuan menulis puisi, bagaimana respons siswa terhadap
pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar kelas
IV SDN Sedatigede II Sidoarjo.
Simpulan dari penelitian ini adalah hasil observasi terhadap
aktivitas guru dan aktivitas peserta didik selama proses penerapan
media gambar dalam memaksimalkan pembelajaran menulis puisi
berhasil dilakukan, hal ini terbukti karena siswa mampu menulis puisi
dengan baik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan siswa
mampu merespon pembelajaran menulis puisi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:31
Last Modified: 22 Dec 2022 11:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item
View Item