PENGARUH CROSSWORD PUZZLE BERBASIS 4C TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN KEBON DALEM MOJOSARI TAHUN 2019-2020

Khasanah, Nur Roudhotul (2020) PENGARUH CROSSWORD PUZZLE BERBASIS 4C TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN KEBON DALEM MOJOSARI TAHUN 2019-2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman depan.pdf] Text
1. Halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (263kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (285kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran-dikonversi.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: metode crossword puzzle, hasil belajar
Pemilihan metode yang tepat pada saat proses pembelajaran
sangat dibutuhkan oleh pendidik agar suasana belajar
menyenangkan, tidak terlupakan dan aktif sehingga peserta didik
dapat meraih prestasi secara optimal.
Adapun rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh metode crossword puzzle
berbasis 4C Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran1 terhadap hasil belajar
peserta didik kelas V serta bagaimana keterlaksanaan metode
crossword puzzle berbasis 4C. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Sumber data yang digunakanya itu peserta didik kelas V
SDN Kebondalem Mojosari yang terdridari 17 peserta didik laki-laki
dan 12 peserta didik perempuan.Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah hasil observasi pendidik dan peserta didik, uji
normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisa data penelitian diketahui bahwa
metode crossword puzzle berbasis 4C mempengaruhi hasil belajar
peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan uji-t, diperoleh hasil thitung=
26,16, dan t tabel 2,048 yang berarti thitung > ttabel.
. Maka dapat
disimpulkan dari penelitian ini, bahwa aktivitas pendidik dan peserta
didik dalam penerapan metode crossword puzzle berbasis 4C
dikategorikan “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:14
Last Modified: 20 Dec 2022 14:00
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item
View Item