PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS III MATERI OPERASI BILANGAN

Maulidah, Riswana (2020) PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS III MATERI OPERASI BILANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (635kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (50kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (18MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Media Flash Card, Keterampilan Berhitung.
Keterampilan berhitung merupakan aspek yang penting dalam
pembelajaran matematika. Kurangnya pemanfaatan media berhitung
yang bervariasi dalam pembelajaran, menjadikan siswa mengalami
kejenuhan dalam proses belajar mengajar. Media flash card
merupakan salah satu media yang digunakan untuk mendorong
kreatifitas serta meningkatkan pemahaman siswa seperti keterampilan
berhitung matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata
keterampilan berhitung siswa kelas III materi operasi bilangan yang
diajarkan dengan menggunakan media flash card lebih baik daripada
siswa yang tidak menggunakan media di SDN Kebondalem Mojosari,
tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif tipe Quasi
experimental design. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only
Control Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SDN
Kebondalem Mojosari. Sampel diambil dengan teknik simple random
sampling sehingga didapatkan kelas III-A (kelas eksperimen) dan IIIB (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes
dengan instrument yang terdiri dari 15 butir soal. Teknik analisis data
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan
uji t dengan berbantuan SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan
berhitung siswa kelas III materi operasi bilangan yang diajarkan
dengan menggunakan media flash card secara signifikan lebih baik
daripada siswa yang tidak menggunakan media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:25
Last Modified: 20 Dec 2022 13:57
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item
View Item