IDENTIFIKASI KARAKTER KERJASAMA PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Rochmawati, Fitri (2020) IDENTIFIKASI KARAKTER KERJASAMA PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (386kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (137kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Model, Problem Based Learning.
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan karakter kerja sama
yang muncul pada proses pembelajaran siswa kelas IV SDN
Sedatigede II Sidoarjo dalam proses pembelajaran dengan
menggunakan model problem based learning. (2) mendeskripsikan
aktivitas siswa yang menunjukkan karakter kerjasama pada proses
pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning.
Model penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis
menggunakan teknik analisis data. Data hasil observasi karakter
kerjasama dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif,
sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik dianalisis
menggunakan rumus persentase. Penelitian dilakukan pada kelas IV
A dengan jumlah keseluruhan 34 peserta didik.
Hasil penelitian tentang karakter kerjasama siswa dalam
observasi aktivitas peserta didik menunjukkan hasil yang sangat baik.
Dalam observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh peneliti, pada
indikator 1 mendapatkan persentase sebesar 94%, pada indikator 2
mendapatkan persentase sebesar 93%, pada indikator 3 mendapat
persentase 89%, pada indikator 4 dan 5 mendapatkan persentase yang
sama sebesar 91%, pada indikator 6 dan 7 mendapatkan persentase
yang sama juga sebesar 92% dan pada indikator 8 mendapatkan
presentse sebesar 93%. Dari hasil perolehan presentase yang didapat
rata-rata karakter kerjasama siswa dalam proses pembelajaran sudah
membudaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:46
Last Modified: 20 Dec 2022 13:54
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item
View Item