PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV TEMA 4 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 SDN GAYUNGAN II SURABAYA

PUSPITA, NANDA DWI (2020) PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV TEMA 4 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (359kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (16kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (49kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Picture and Picture, Hasil Belajar IPA.
Banyaknya peserta didik yang menganggap bahwa mata
pelajaran IPA itu sulit, karena ketika proses pembelajaran
berlangsung peserta didik kurang memperhatikan guru ketika
menjelaskan materi sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta
didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh
model picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran IPA Kelas IV tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 SDN
Gayungan II Surabaya.
Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi
eksperimen) dan desain penelitian yang digunakan adalah posttest
only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas IV SDN Gayungan II Surabaya yang terdiri dari 2
kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total
sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif yang
diperoleh dari tes hasil belajar, untuk mengukur pemahaman peserta
didik kelas IV tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 mata pelajaran IPA.
Hasil penelitian berdasarkan tes hasil belajar siswa
menunjukkan bahwa ada pengaruh model picture and picture
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Kelas
IV tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 SDN Gayungan II Surabaya,
dengan hasil penghitungan uji-t menunjukkan bahwa adanya
perbedaan yang signifikan yaitu thitung sebesar 5,28 > ttabel 2,01
dengan taraf signifikan 0,05 atau 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 04:03
Last Modified: 20 Dec 2022 13:51
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item
View Item