ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NGAGEL REJO I DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN

CAHYANI, ADELLA (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NGAGEL REJO I DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (649kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (326kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Kesulitan, matematika, soal materi Pecahan
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap
sulit oleh siswa sekolah dasar. Salah satu bahan yang dianggap sulit
adalah bahan fraksional. Konsep fraksi yang rumit dan cara guru
menanamkan konsep dengan metode konvensional membuat sulit bagi
siswa untuk menerima konsep fraksi. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kesulitan siswa kelas V SDN Ngagel Rejo I dalam
menyelesaikan masalah matematika pada materi fraksional, faktorfaktor yang menyebabkan kesulitan dan upaya untuk mengatasi
kesulitan tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara.
Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa
kesulitan yang paling dihadapi oleh siswa ketika memecahkan
masalah matematika dalam bahan fraksional adalah kesulitan dalam
melakukan operasi perhitungan perkalian dan pembagian. Faktorfaktor yang menyebabkan kesulitan adalah motivasi siswa, proses
belajar mengajar, dan fasilitas dan infrastruktur sekolah. Sedangkan
upaya yang dapat dilakukan adalah belajar kembali, mengajar
kembali, mengajar alternatif, dan meningkatkan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:04
Last Modified: 20 Dec 2022 12:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item
View Item