KORELASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DENGAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPRESIF SISWA DI SDN GAYUNGAN II SURABAYA

Sari, Fitria Dewi Anjar (2020) KORELASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DENGAN KEMAMPUAN MENULIS EKSPRESIF SISWA DI SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN 1.pdf] Text
HALAMAN DEPAN 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (395kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (225kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (216kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: gerakan literasi sekolah, menulis ekspresif
Membaca merupakan kegiatan yang penting terhadap
pengetahuan manusia. Membaca dapat memperluas wawasan dalam
berbagai hal. Akan tetapi pembelajaran di sekolah saat ini belum
sepenuhnya mampu mewujudkan hal tersebut. Kondisi demikian
menimbulkan citra negatif terhadap potret pendidikan di indonesia,
terutama dibidang membca dan menulis.
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui adanya
hubungan gerakan literasi sekolah dengan kemampuan menulis
ekspresif siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan
desain quasi experimen design. Variabel bebas pada penelitian ini
ialah gerakan literasi sekolah, sedangkan variabel terikat ialah
kemampuan menulis ekspresif. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas
IV-A dan kelas IV-B yang didapat dengan teknik cluster random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis
ekspresif. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data diperoleh nilai sig.(2-tailed) ialah
0.002, karena 0,002 lebih kecil dari 0,05 maka berkolerasi dan
selanjutnya pada nilai pearson correlation ialah 0,520, maka
dikategorikan kedalam korelasi sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa
terdapat korelasi GLS dengan kemampuan menulis ekspresif siswa di
SDN Gayungan II Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:25
Last Modified: 20 Dec 2022 12:31
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item
View Item