PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA

Islam, Mohammad Saiful (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MATERI SISTEM PERNAPASAN HEWAN KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (134kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (150kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (72kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Islam, mohammad saiful. 2022. Penerapan Model Pembelajaran
Make A Match Materi Sistem Pernapasan Hewan Kelas V SDN
Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan
Pesikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Danang Prastyo, S.Pd. M.Pd. (2) Susi Hermin
Rusminanti, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci : Make A Match, Sistem Pernapasan Hewan
Penelitian ini dilatar belakangi saat PLP 1 di SD Negeri
Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya dalam pembelajaran ditemukan bahwa
terdapat peserta didik yang kesulitan dan kurang aktif dalam
mengikuti pembelajaran daring. Sehingga peneliti berinovasi untuk
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang
bertujuan mengetahui bagaimana guru menerapkan model
pembelajaran make a match, mengetahui aktivitas siswa di dalam
penerapan model make a match, dan juga mengetahui hasil belajar dari
siswa setelah di berikan model pembelajaran make a match. Populasi
yang digunakan dari kelas V sebanyak 31 siswa. Dengan
menggunakan sampel probability sampling dengan teknik sample
random sampling karena pengambilan sampel dilakukan secara acak. Teknik yang digunakan menggunakan statistik dan penskoran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terkait dengan aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan ketiga instrumen tersebut mendapatkan kategori “Sangat Baik” dalam penerapannya walaupun masih terdapat langkahlangkah yang kurang sempurna dalam penerapannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 07:13
Last Modified: 02 Dec 2022 07:13
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item
View Item