Identifikasi Karakter Peduli Linkungan Peserta Didik SDN Ketabang Surabaya

FIRDAUS, RATU ZAHRO (2022) Identifikasi Karakter Peduli Linkungan Peserta Didik SDN Ketabang Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 9. Halaman Depan.pdf] Text
9. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Abstrak bhs.indo.pdf] Text
2. Abstrak bhs.indo.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (146kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (306kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Firdaus, Ratu Zahro. 2019. Identifikasi Karakter Peduli Linkungan Peserta Didik SDN Ketabang Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso, M.Pd. (2)
Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd.
Kata Kunci: Karakter Peduli Lingkungan
Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepedulian warga sekolah terhadap linkungan sekolah. Masih banyak ditemui warga sekolah yang membuang sampah tidak sesuai dengan
jenisnya, memetik tanaman, bahkan mengabaikan sampah, maka
tugas pendidikan untuk membentuk karakter peduli lingkungan sejak usia dini. Tujuan penelitian adalah (2) Mendiskripsikan karakter peduli lingkungan peserta didik kelas V di SDN Ketabang Surabaya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Menidentifikasi upaya-upaya pembentukan karakter peduli lingkungan peserta didik kelas V SDN Ketabang Surabaya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dicari dalam penelitian ini tentang karakter peduli lingkungan peserta didik kelas V dan upaya-upaya pembentukan karakter peduli lingkungan peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data melalui observasi partsipatif, wawancara semistrukture, dan dokumentasi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas V A sebanyak 38 peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan selama lima minggu tentang identifikasi karakter peduli lingkungan peserta didik SDN Ketabang Surabaya mendapatkan rata-rata sebanyak (84%) dalam kategori mulai berkembang. Data yang diperoleh tersebut diperkuat oleh wawancara dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:36
Last Modified: 05 Dec 2022 04:36
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item
View Item