PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN MELALUI PERMAINAN TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KEBONDALEM MOJOSARI MOJOKERTO

Badi’a, Fithrotul (2019) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN MELALUI PERMAINAN TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KEBONDALEM MOJOSARI MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (757kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (243kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (168kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (167kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pemberian penguatan
melalui permainan tebak kata terhadap hasil belajar siswa kelas IV
SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto pada mata pelajaran IPA
materi “Bagian Tumbuhan dan Fungsinya” pada tanggal 7 dan 8
desember 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar dengan melakukan pemberian penguatan melalui permainan
tebak kata.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian
kuantitatif dengan rancangan “one-group pretest-posttest” yaitu
penelitian yang menggunakan satu kelas eksperimen sebagai sampel
penelitian kemudian dengan memberikan pretest sebelum diberi
perlakuan dan diberikan posttest setelah diberi perlakuan. Populasi dan sampel yaitu seluruh siswa dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan terhadap hasil penelitian, diperoleh hasil observasi, angket dan tes. Maka dapat dinyatakan bahwa setelah diberi perlakuan, hasil belajar lebih baik dari pada hasil belajar sebelum diberi perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian penguatan melalui permainan tebak kata terhadap hasil belajar kelas IV SDN Kebondalem Mojosari pada mata pelajaran IPA materi “Bagian Tumbuhan dan Fungsinya” dinyatakan layak untuk digunakan.
Kata kunci: pemberian penguatan, permainan tebak kata, hasil
belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:46
Last Modified: 05 Dec 2022 04:46
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item
View Item